Tuesday, September 8, 2015

Review Mengenai Bahan Cordura

Review Mengenai  Bahan Cordura - Bagi anda yang berkecimpung di sentra Industri pakaian dan fashion mungkin nama  bahan cordura sering terdengar. Bahan yang satu ini dikenal sebagai material dasar untuk penggunaan bahan jaket, koper, tas gendong bahkan untuk keperluan tactical gear militer seperti jaket. Karakteristik bahannya yang dikenal meiliki durabilitas tinggi, tahan terhadap rembesan air dan abrasi menyebabkan bahan ini menjadi pilihan utama bagi produsen tas khususnya sebagai bahan dasar dalam pembuatan tas.

bahan cordura

Jika mengamati perkembangan sentra indutri lokal, untuk sentra pembuatan tas sendiri memang bahan cordura sudah tidak asing lagi. Namun terkadang ada kesalahan persepsi yang terjadi. Menurut pengalaman kami, banyak pengrajin tas lokal yang sering menyebutkan kata cordura ketika membeli bahan tas di beberapa supplier bahan lokal. Hal tersebut menjadi acuan kami untuk sedikit membahas lebih jauh tentang review bahan yang satu ini. 

Berdasarkan beberapa kasus yang pernah kami alami, beberapa brand startup di bidang tas sering berkonsultasi kepada kami apakah mungkin menggunakan bahan cordura sebagai material dasar tas yang akan mereka produksi. Terkadang beberapa produsen tas lokal memang menyebutkan bahan cordura sebagai bahan yang sering digunakan oleh mereka. Namun perlu dipertegas lagi bahwa kebanyakan supplier bahan tas lokal memang entah sengaja atau tidak sengaja melabelkan bahan polyester yang notabene kebanyakan digunakan sebagai nama acuan untuk membeli bahan polyester pabrikan Cina. Celakany lagi, kurangnya product knowledge terutama masalah pengetahuan dasar mengenai bahan, baik dari produsen maupun dari brand yang bersangkutan bisa berakibat fatal. 

Pernah ditemukan beberapa brand startup lokal yang mencantumkan nama bahan cordura pada detail produk tas mereka. Hal tersebut tentunya bisa berakibat pada kesalahan persepsi konsumen yang akan membeli produk tersebut. Sebagai acuan, brand-brand tas luar yang memang terdaftar oleh pihak Invista sebagai pemegang lisensi asli dari cordura mematok harga di atas 600 ribuan untuk produk mereka. Untuk standar harga tersebut cukup berbanding agak jauh dengan harga tas clothing lokal yang berkisar di angka 200 ribuan.

Maka dari itu pentingnya product knowledge bagi pelaku usaha konveksi mutlak diperlukan untuk mencegah adanya kesalahpahaman tentang penggunaan material dasar yang akan digunakan, terutama kepada konsumen yang masih awam terkait masalah penggunaan bahan dasar yang akan digunakan. Mudah-mudahan pada artikel-artikel selanjutnya pada segmen bahan tas dapat dibahas lebih lengkap mengenai material apa saja yang sering digunakan oleh produsen tas, baik lokal maupun luar negeri. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Review Mengenai Bahan Cordura
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.