Wednesday, January 23, 2013

Menerima Makloon Jahit Seragam Basket [Bagian 1]


Batang Pisang disulap Menjadi Busana Cantik

Menerima Makloon Jahit Seragam Basket - Senima Rosso merintis sebuah desain rancangan busana yang terbuat dari serat-serat pisang. Inspirasinya tiba-tiba muncul, berawal dari saat dirinya melihat sampah batang pisang yang tidak terpakai. Dari sanalah dia terinspirasi untuk membuat kain dari serat batang pisang. Setelah melalui serangkaian uji coba, akhirnya Rosso berhasil membuat rancangan busana yang terbuat dari bahan serat pisang.

Bahkan rancangan busana itu mendapat penghargaan dari Kementrian Perindustrian. Lebih dari itu, rancangan dari serat pisang ini rencananya akan dipamerkan ke Jepang dan juga Cina. Rosso menyatakan, serat pisang merupakan bahan alternatif di tengah maraknya penggunaan bahan sintesis untuk pakaian. Selain tidak mencemari lingkungan, serat pisang juga gampang ditemui, sekaligus menghasilkan benang yang setara dengan sutra.

Dia mengaku bahwa dia ingin membuat busana dengan bahan yang ramah lingkungan. Akhirnya serat pisang adalah pilihan yang dia temukan.

Diungkapkan Rosso, pemilihan serat pisang karena dirinya  melihat tren busana 2013 lebih banyak didominasi oleh bahan-bahan natural. Karena selama ini serat pisang belum banyak dipakai sebagai bahan busana, maka Rosso mencoba mengawalinya. Ternyata hasilnya tak kalah dibanding dengan bahan lainnya. Dengan pengolahan yang tepat ternyata serat pisang bisa menghasilkan kain yang kuat dan berserat dingin,

Sementara itu Dirjen Industri Kecil dan Menengah Euis Saedah menyatakan bahwa kerajinan tenun serat pisang yang dibikin oleh Rosso merupakan sebuah terobosan baru dalam bidang busana. Karena itu, apa yang dilakukan Rosso diharapkan mampu memberi inspirasi kepada para perajin lain untuk melakukan eksplorasi terhadap bahan alam yang ada di Indonesia menjadi produk baru.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Seragam Basket [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.