Friday, January 18, 2013

Menerima Makloon Jahit Kemeja Kerja [Bagian 1]


Arti Ready to Wear yang Sesungguhnya

Menerima Makloon Jahit Kemeja Kerja - Istilah busana siap pakai atau yang lebih dikenal dengan istilah ready to wear sudah begitu akrab di telinga kita. Namun, ternyata banyak orang tidak tahu makna sebenarnya dari istilah ini. Sehingga banyak pihak yang salah mendefinisikan kategori pakaian ini. Direktur dari Indonesia Fashion Week 2013 (IFW 2013), Dina Midiani, menuturkan hal tersebut.

Saat media gathering IFW 2013 di butik Lenny Agustin di kawasan Setiabudi, Jakarta, Rabu 16 Januari 2013 yang lalu, Dina mengungkapkan kebanyakan orang beranggapan bahwa busana siap pakai hanya terbatas pada busana sederhana dan praktis saja. Misalnya kemeja, kaos, kardigan, blazer dan lain-lain. Selain itu, banyak orang menggolongkan busana siap pakai sebagai busana yang diproduksi massal dan harganya murah. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar.

Busana siap pakai adalah busana yang bisa langsung dipakai dengan mudah tanpa harus melakukan pengukuran badan dan memesan desainnya terlebih dulu seperti saat membuat busana couture atau memesan baju ke penjahit. Busana siap pakai juga tidak membutuhkan fitting berkali-kali untuk menyesuaikan dengan tubuh Anda.

Busana siap pakai bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko dan pakaian department store. "Lebih mudahnya, pengertian siap pakai ini adalah busana yang tergantung di etalase toko dan saat dibeli bisa langsung dipakai," jelasnya.

Dengan pengertian ini, busana ready to wear tidaklah terbatas pada kemeja, t-shirt, atau baju-baju dengan cuttingsimpel saja. Cocktail dan evening dress serta gaun pengantin berpayet juga bisa dikategorikan sebagai busana siap pakai. Sekarang sudah banyak desainer atau rumah mode yang menyediakan gaun pengantin yang bisa langsung dibeli dan dipakai tanpa harus meminta desain secara khusus pada perancangnya, dan harus mengukur badan. Sebaliknya, kemeja yang Anda pesan di penjahit, di mana Anda harus mengukur badan, dan mengepasnya, tidak termasuk ready to wear.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Kemeja Kerja [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.