Monday, January 28, 2013

Konveksi Toga [Bagian 1]


Banjir Menyebabkan Pedagang Busana Rugi

Konveksi Toga - Beberapa orang percaya hujan membawa rejeki, tapi kalau kebanyakan sehingga berbuah banjir bukan rejeki yang diraup, justru rugi. Ini pula yang dirasakan kebanyakan pedagang di pusat perbelanjaan grosir terbesar Indonesia di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Para pedagang mengeluhkan betapa banjir telah merampas keuntungan mereka.

Faktanya, hingga kini pusat perbelanjaan Tanah Abang memang sepi  pengunjung, juga sepi pedagang. Beberapa toko bahkan masih terkunci sejak Kamis pekan lalu. Salah satu pedagang yang bernama Chandra mengaku bahwa besar kemungkinan orang-orang masih banyak yang beres-beres rumah karena kebanjiran atau masih takut susah mendapatkan kendaraan pasca bencana banjir kemarin. Selama dua hari Chandra telah merugi enam juta rupiah. Jumlah yang menurutnya tak sedikit.

Sebagian besar pedagang di sini memang menutup tokonya selama beberapa hari.  Anisa Chaerudin, penjaga salah satu toko busana muslim di Tanah Abang mengungkapkan bahwa tidak sedikit para pekerja dan pengusaha Tanah Abang yang menjadi korban banjir. Rumah Anisa di daerah Kampung Melayu terendam banjir setinggi lebih dari satu meter, sehingga dia terpaksa mengungsi ke rumah ibunya di Bogor.

Dia bercerita betapa tersiksanya dia hari Kamis itu. Harus mengungsi ke Bogor tapi harus melalui banyak genangan air di beberapa lokasi, serta transportasi yang lumpuh. Akibatnya Anisa harus mengeluarkan tenaga dan dana ekstra, hanya untuk mencapai Stasiun KA Manggarai. Anisa yang masih mengungsi di rumah ibunya itu meminta ijin kepada pemilik toko untuk tidak masuk kerja hari Jumat dan Sabtu, karena harus membereskan rumahnya yang keruh direndam banjir.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Konveksi Toga [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.