Sunday, December 16, 2012

Menerima Makloon Jahit Seragam Basket [Bagian 2]


Menerima Makloon Jahit Seragam Basket - Batik dari awal telah menjadi barang tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi. Nah, muncul pertanyaan bagaimana, "Tips Menjaga Batik Senantiasa Cantik" ? Jawabannya, dibutuhkan cara tersendiri untuk menjaga agar warnanya tidak cepat pudar dan kondisi kain batik tetap baik.

Dari KLASIKA beberapa waktu yang lewat, berikut ini, "Tips Menjaga Batik Senantiasa Cantik". Pertama, jangan pernah mencucinya dengan mesin cuci. Perlu penanganan yang lembut untuk menjaga batik tulis tetap nampak manis, yaitu cucilah dengan secara manual saja - menggunakan tangan serta hindari penggunaan deterjen. Sebagai pengganti deterjen, gunakanlah sampo dan sabun yang lembut serta campur dengan air hangat kemudian rendamlah beberapa saat.

Saat dijemur, usahakanlah agar tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Dan ketika waktunya disetrika, jangan beri alas dengan kain baru - tujuannya, agar kain batik tulis tidak langsung menempel dengan setrika panas.

Saat akan disimpan perlu tempat yang tepat, sebelumnya lipat kain batik lalu bungkus dengan kertas minyak atau bungkus dengan plastik, jangan pernah membungkus menggunakan koran, sebab tinta tulisan pada koran berpotensi menodai batik. Atau kapur barus, jangan pernah menggunakannya, karena bisa merusak warna kain batik.

Idealnya, kain batik yang tersimpan dan terbungkus itu dibuka kembali setiap 2 minggu sekali, kemudian angin-anginkan selama 10 hingga 15 menit gunanya agar terhindar dari suhu yang lembap.

Itulah, "Tips Menjaga Batik Senantiasa Cantik". Semoga artikel ini bisa menjadi wawasan bagi Anda yang memiliki koleksi batik, sehingga bisa digunakan kapan saja, batik yang mana saja saat diperlukan. Jangan sampai batik kesayangan Anda rusak dimakan waktu, ih jangan sampai ya.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Seragam Basket [Bagian 2]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.