Monday, December 17, 2012

Konveksi Seragam Sekolah SMP [Bagian 2]


Konveksi Seragam Sekolah SMP - Melestarikan kain-kain Nusantara yang merupakan kekayaan budaya warisan nenek moyang sangatlah penting. Sama pentingnya dengan upaya meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara yang kini jadi pembunuh wanita nomor satu di dunia. Himpunan Ratna Busana (HRB) pun memadukan dua misi penting tersebut dalam sebuah peragaan busana bertajuk '5 Windu Bhakti Himpunan Ratna Busana: Padu Padan Lintas Kepulauan' dan 'Penggalangan Dana Peduli Sesama: Deteksi Kanker Payudara'.

Acara yang bekerjasama dengan Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ) tersebut menampilkan lebih dari 40 look yang mencoba mengedukasi masyarakat, bahwa kain-kain dan baju tradisional tidak selalu harus tampil monoton. Jika biasanya kebaya hanya dipadankan dengan satu jenis kain sebagai bawahan, dalam peragaan yang berlangsung di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat ini, beberapa jenis kain bisa berdampingan secara harmonis dalam satu tampilan busana. Dengan cara unik ini, pemakai bisa mengenalkan tiga hingga empat kain Nusantara sekaligus.

"Kita harus banyak mengenal berbagai wastra Indonesia. Dalam acara ini kami memberi alternatif pilihan berbusana nasional. Misalnya pakai Kebaya Kartini dengan kain dari Bali, lalu selendang dari tenun Sumatra," ujar Ketua HRB Ratna Maida Ning, jelang fashion show pada Rabu (5/12/2012).

Wanita yang akrab disapa Ida ini juga mencontohkan alernatif padu padan yang lain, seperti baju bodo dengan kain Sutra Mandut dari Makassar dan tenun dari Nusa Tenggara Timur. "Tiap daerah punya ciri sendiri. Jika busana dikenakan dengan berbagai macam padu padan (kain), dengan sendirinya akan angkat kain-kain itu sendiri. Kami membuat acara ini untuk mengenal busana daerah," tutur Ida.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Konveksi Seragam Sekolah SMP [Bagian 2]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.