Wednesday, November 28, 2012

Menerima Makloon Jahit T-Shirt Bahan Combed 24s [Bagian 1]

Perancang IPMI Keliling Dunia

Menerima Makloon Jahit T-Shirt Bahan Combed 24s - Memandang dunia dari sisi keindahan budaya masyarakat lokalnya ternyata mampu menimbulkan kesan tersendiri bagi setiap orang, termasuk para desainer Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). Kesan inilah yang mendorong para desainer IPMi mengeluarkan koleksi terbarunya yang bertema "GlobaliNation" di ajang Jakarta Fashion Week 2013 lalu.

"Tema ini merupakan perwujudan perayaan para anggotanya yang sudah banyak melanglang buana, sekaligus menggali potensi kain nusantara. Sehingga konsep ini terwujud dengan menggabungkan citarasa lokal dan dunia," ungkap desainer IPMI, Era Soekamto, saat konferensi pers Jakarta Fashion Week 2013 lalu.

Dalam pagelaran ini, ada 12 desainer yang ikut berpartisipasi. Masing-masing desainer menampilkan inovasi busana yang terinspirasi dari negara-negara favoritnya. Sekalipun terinspirasi dari keindahan berbagai negeri, namun dalam pengerjaannya para desainer tak meninggalkan ciri khas Indonesia. Era mengungkapkan, sekitar 30 persen bahan pembuat busana adalah bahan lokal dan tradisional seperti batik, tenun ATBM, songket, dan kain sasirangan.

Korea tampaknya memikat Liliana Liem untuk menciptakan koleksinya. "Busana ini garis besarnya dari konsep hanbok (baju tradisional Korea) yang dikreasikan lebih modern," ungkap Liliana, yang bersuamikan pria Korea. Beberapa busananya menampilkan siluet hanbok yang loose dengan tambahan detail pita besar di depannya. Jika hanbok cenderung berwarna cerah, maka Liliana membuatnya dengan warna yang lebih gelap.

Yongki Budisutisna kali ini berkreasi dengan busana yang terinspirasi dari Jepang. Yongki terinspirasi dari gaya busana para putri Yakuza (mafia Jepang) yang harus terlihat anggun, feminin, namun tetap kuat. Ia banyak menghadirkan cutting dengan siluet besar, obi, girly, dan lebih fun. "Untuk menghadirkan sisi Yakuza, saya menggunakan banyak warna gelap," jelas Yongki.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit T-Shirt Bahan Combed 24s [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.