Friday, November 23, 2012

Menerima Makloon Jahit Polo Shirt Bahan Lacoste Cotton [Bagian 3]


Menerima Makloon Jahit Polo Shirt Bahan Lacoste Cotton - Rezim diktator militer Orde Baru di bawah Presiden Soeharto, berkuasa di Indonesia sejak 1966 hingga 1998. Terutama setelah revolusi Iran pada tahun 1979, kelompok militer yang berkuasa di Indonesia melihat Islam sebagai sebuah ancaman politik. Hasilnya: larangan atas penggunaan jilbab di sekolah atau kantor pemerintah. Secara umum, ekspresi politik kelompok Islamis ditindas selama orde baru.

Pakar Islam Timur Tengah dan Indonesia Azyumardi Azra kepada DW mengatakan bahwa setelah Revolusi Iran, kelompok Syiah yang dimotori Iran dan kelompok Sunni dari Timur Tengah, bersaing memperebutkan pengaruh, antara lain dengan mengekspor gagasan termasuk menerbitkan buku. Sejak itu, secara diam-diam karena dibatasi pemerintah orde baru, kelompok Islamis semakin terekspos gagasan dari Timur Tengah.

Menurut Neng Dara Afifah, cadar dan jilbab panjang dibawa masuk ke Indonesia oleh kelompok pengajian yang berafiliasi kepada Ikhwanul Muslimin, kelompok Islam konservatif yang kini berkuasa di Mesir, dan sejak lama dikenal mempunyai pengaruh luas dalam kebangkitan gerakan politik Islam di dunia.

Neng Dara Afifah menambahkan “Era 80-an, sejumlah buku dari kelompok Islam puritan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, termasuk karya terkenal Abul A'la Maududi yang berjudulHijab”. Abdul A'la Maududi adalah ulama konservatif asal Pakistan yang juga dikenal sebagai pendiriJamaat-e-Islami.


Buku Maududi itu berisi panduan untuk kembali ke dasar-dasar Islam, termasuk kewajiban mengenakan pakaian muslim, yang oleh kelompok Islamis dipakai sebagai rujukan teologis tentang tata cara berpakaian perempuan.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Polo Shirt Bahan Lacoste Cotton [Bagian 3]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.