Friday, November 23, 2012

Menerima Makloon Jahit Polo Shirt Bahan Lacoste Cotton [Bagian 1]

Busana Muslim Penuh Intrik Politik

Menerima Makloon Jahit Polo Shirt Bahan Lacoste Cotton - Pembatasan atas cara berbusana muslim adalah isu sensitif. Pemerintah Indonesia, baru-baru ini mengeluarkan pembatasan mengenai Burqa.

Awal November, terpidana kasus terorisme Roki Aprisdianto, 29 tahun, melarikan diri dari penjara dengan menyamar sebagai perempuan bercadar.

Saat kejadian, ada puluhan perempuan bercadar yang sedang membesuk para tahanan teroris. Juru bicara Kepolisian Indonesia Suhardi Alius mengaku meski harus menunjukkan KTP ”Tapi kami memang tidak pernah meminta pengunjung membuka cadar”.

Kejadian itu mendorong pemerintah Indonesia membuat pembatasan dalam penggunaan Burqa bagi para pengunjung tahanan. Untuk pertama kalinya, ada aturan terkait pembatasan penggunaan busana muslim di ruang publik.

Tak hanya disalahgunakan teroris untuk melarikan diri, beberapa waktu terakhir busana muslim juga dibajak koruptor. Paling tidak empat perempuan yang terlibat kasus korupsi besar dan mendapat sorotan luas, mendadak berjilbab.

Banyak kalangan menilai itu sebagai langkah untuk mencari simpati. Bahkan dalam kasus dua koruptor yang mengenakan cadar, itu dianggap sebagai taktik agar wajah mereka tidak “muncul” di media massa.

Identitas Ideologi

Agama adalah isu sensitif di Indonesia, negara yang dianggap dunia sebagai contoh Islam moderat. Sejumlah jajak pendapat menunjukkan bahwa muslim Indonesia semakin Islami dan pada saat bersamaan semakin tidak toleran.

Orang lebih suka diam atau tidak mempersoalkan, jika sudah masuk ke dalam isu pakaian muslim. Kritik atau mempersoalkan sesuatu yang dianggap sebagai identitas “Islam” bisa mengundang kemarahan.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Polo Shirt Bahan Lacoste Cotton [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.