Thursday, November 29, 2012

Menerima Makloon Jahit Jaket Bahan Parasit [Bagian 1]

Langkah-Langkah dalam Memodifikasi Sarung menjadi Busana

Menerima Makloon Jahit Jaket Bahan Parasit - Seluruh orang Indonesia sudah sangat akrab dengan yang namanya sarung. Milai dari sarung batik hingga sarung tenun, beredar di seluruh Indonesia. Namun, kain sarung di Indonesia, mempunyai fungsi yang masih benar-benar terbatas. Kementrian Pariwisata dan Produk Kreatif Indonesia dan Indonesia Fashion Week (IFW) berupaya meningkatkan fungsi sarung  melalui sebuah gerakan sosialisasi sarung yang diberi nama Mobbed Sarung.

Dalam gerakan tersebut mereka menampilkan 300-an muda mudi yang menggunakan busana berbahan dasar sarung. Sarung yang biasanya dikombinasikan dengan kebaya ataupun keperluan sholat, mereka buat sedemikian rupa hingga menjadi busana yang sangat gaya.

Uniknya lagi, sarung yang telah dibuat menjadi setelan busana tersebut, masih tetap bisa difungsikan sebagai fungsi dasar sarung yakni padu padanan kebaya, ataupun untuk sholat. Sarung yang digunakan mempunyai panjang yang berbeda-beda. Sarung tenun, palekat dan batik mempunyai ukuran yang beraneka ragam. Hanya saja, untuk seluruh sarung jenis batik, mempunyai panjang yang nyaris sama.

Desainer yang secara kreatif memodifikasi sarung tersebut, bersedia memberikan tips bagaimana cara memodifikasi sarung menjadi busana yang trendy. Desainer yang biasa dipanggil Dina tersebut menegaskan bahwa unsur terpenting dalam memodifikasi sarung adalah dengan memperhatikan panjang bahu dan juga lingkaran lengan.

Berikut adalah tips yang diungkapkan oleh Dina, sebagaimana dikutip dari Kabar24.com.

1.     Tentukan panjang busana yang ingin dibuat. Di atas lutut atau di bawah lutut untuk menentukan jarak lengan dari bagian atas kain.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Jaket Bahan Parasit [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.