Thursday, November 29, 2012

Menerima Makloon Jahit Jaket Bahan Parasit [Bagian 2]


Menerima Makloon Jahit Jaket Bahan Parasit - Desainer yang secara kreatif memodifikasi sarung tersebut, bersedia memberikan tips bagaimana cara memodifikasi sarung menjadi busana yang trendy. Desainer yang biasa dipanggil Dina tersebut menegaskan bahwa unsur terpenting dalam memodifikasi sarung adalah dengan memperhatikan panjang bahu dan juga lingkaran lengan.

Berikut adalah tips yang diungkapkan oleh Dina, sebagaimana dikutip dari Kabar24.com.

1.     Tentukan panjang busana yang ingin dibuat. Di atas lutut atau di bawah lutut untuk menentukan jarak lengan dari bagian atas kain.

2.     Ukur panjang bahu untuk menentukan lobang lengan kiri dan kanan.

3.     Ukur lingkaran lengan. Kalau untuk busana yang ukuran M rata-rata mempunyai lingkaran lengan 40 cm dan lingkaran paling besar 50 cm.

4.     Potong satu sisi sarung untuk bahan lengan. Kalau lingkaran sarungnya kecil, sementara badan si pemakai gemuk, maka sarung itu tidak cukup untuk lengan. Jadi bajunya hanya bisa tanpa lenggan.

5.     Buat lengan. Dari satu sisi kain yg belum dijahit, diukur turun sekitar 10-15 cm untuk menentukan titik bahu. Panjang pendeknya ukuran ini mempengaruhi panjang busana. Buat setengah lingkaran lengan bentuk oval yang  masuk 3 cm dan setengah lingkaran lagi pada satu ujung sisi kain yang lain.

6.     Ukur panjang bahu ke arah kanan kain  dari titik bahu. Buat lingkaran lengan bentuk oval yang masuknya kira-kira 3 cm.

7.     Setiap mengunting kain lebihkan 1 cm untuk kampuh (lipatan).

8.     Jahit kedua ujung kain dan kedua lengan.

9.     Aksen busana dari sarung yang bentuk pipa itu pun macam-macam, tergantung kreativitas. Aksennya, ada yang  bentuk bunga, lipatan, bentuk bulat, dengan penambahan bros. Sehingga tampil gaya.  Posisi aksen itu ada di sisi kanan, tengah, atau kiri atas. Ada pula yang diikat pada bagian bawah, atau bagian pinggang. Satu sarung  yang bentuknya sederhana dapat memberikan banyak gaya.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Jaket Bahan Parasit [Bagian 2]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.