Saturday, November 17, 2012

Konveksi Jas Almamater [Bagian 3]

Konveksi Jas Almamater - Di luar kampus, jaket almamater tetap bisa menunjukkan eksistensi dan kebesarannya, yaitu ketika dalam aksi demonstrasi. Biasanya, demonstrasi akan dipandang serius ketika yang berdemo itu adalah orang-orang yang mengenakan jaket itu, yang tidak lain adalah mahasiswa. Karena itulah yang membedakan kualitas aksi demonstran. Mahasiswa melakukan aksi demonstrasi tentunya tidak sembarangan demo, tapi memang sudah ada pertimbangan dan analisis yang matang. Oleh sebab itu, setiap ada mahasiswa demo, pasti ada rasa ketakutan di antara pejabat-pejabat publik yang didemo.

Sebagai Identitas

Jas almamater juga merupakan simbol identitas bagi perguruan tinggi tertentu. Biasanya warna jaslah yang membedakan antara perguruan tinggi satu dengan yang lainnya. Melalui warna itulah sebuah perguruan tinggi bisa dikenal. Misalnya, ketika ada sebuah perlombaan antarperguruan tinggi, pasti jas almamaterlah yang membedakan dan menunjukkan dari mana seorang mahasiswa datang.

Bermacam-macam warna sesuai dengan perguruan tinggi inilah yang bisa memicu untuk menciptakan gerakan yang lebih besar dalam demonstrasi. Misalnya saja, ketika jas warna ”A” melakukan aksi demonstrasi dan itu masuk dalam media, tentu akan membuat mahasiswa dengan warna jas lain tersulut, sehingga itu akan membuat mereka beraksi untuk ikut menyuarakan aspirasi rakyat. Sebab, selama ini mahasiswa telah dianggap sebagai perantara antara masyarakat dan pemerintah dalam menyalurkan aspirasi.

Eksistensi jaket almamater dalam setiap aksi demonstrasi mahasiswa merupakan satu simbol kehormatan perguruan tinggi. Artinya, semakin sering jaket almamater itu muncul, maka kehormatan perguruan tinggi akan naik. Sebaliknya, jika jaket almamater tidak pernah atau jarang terlihat dalam setiap aksi mahasiswa, maka itu menunjukkan kehormatan perguruan tinggi menurun. Bahkan perguruan tinggi itu akan mendapat cap yang negatif dari kalangan aktivis karena dianggap apatis. Inilah yang menyebabkan jaket almamater dianggap sakral.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Konveksi Jas Almamater [Bagian 3]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.