Thursday, November 29, 2012

Konveksi Jaket Bahan Fleece [Bagian 3]


Konveksi Jaket Bahan Fleece - "Tidak semua informasi disampaikan sebelum tandatangan kontrak. Nantinya akan ada maksimum 15 baju yang dipajang per desainer, namun dengan presentasi yang menarik tidak seperti jual eceran. Peserta perlu memikirkan display menyesuaikan tempat untuk menjual inspirasinya," tutur Ali.

Desainer juga perlu mematuhi aturan mainnya. Desainer terpilih untuk zona ini dilarang memproduksi sendiri ide rancangannya. Desainer murni menjual ide, dan membuat perjanjian dengan pembeli bahwa ia takkan memproduksi mandiri.

Untuk mendapatkan kesempatan bertransaksi dengan buyer, desainer yang memiliki ide kreatif perlu mendaftarkan diri. Ali menyebutkan, biaya administrasi untuk zona "Starting Point" ini adalah Rp 1,5 juta. "Biaya ini akan digunakan untuk membayar SPG dan manager untuk membantu deal," jelasnya.

Selain berpeluang mendapatkan buyer untuk ide rancangannya, desainer yang lolos tahapan kurasi juga berkesempatan mengembangkan kariernya. Perusahaan label fashion bisa mencari asisten desainer berbakat yang diseleksi oleh sekitar 15 pakar dan praktisi di bidang mode, di zona ini.

Bagi Ali, "Starting Point" tak hanya sekadar memfasilitasi desainer untuk merealisasikan ide dan mimpi-mimpinya. Zona ini juga merupakan salah satu cara regenerasi di bidang fashion. Sebagai cara untuk membangun kekuatan industri mode di Indonesia, dan mengangkat produk lokal.

"Ide-ide ini bisa diarahkan, ujungnya kepada industri, menciptakan mass production. 'Starting point' sangat penting karena dari situ bisa berkembang. Dari mimpi akan lahir produk baru. Jadi desainer tidak hanya sekedar bermimpi, tanpa ada yang menjahitnya dan akhirnya jadi terputus mimpinya. Kalau dari dasar sudah kuat, produk fashion bisa dikembangkan, dan Indonesia bisa lebih siap di industri fashion," tutupnya.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Konveksi Jaket Bahan Fleece [Bagian 3]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.