Tuesday, October 30, 2012

Menerima Makloon Jahit Toga [Bagian 2]

Menerima Makloon Jahit Toga - Adalah Ann Colagiovanni, nenek beruntung yang mendapatkan tanda kelulusan kehormatan dari SMA Shaker, Ohio. Nenek yang telah memiliki 11 cucu ini tidak menamatkan sekolahnya pada tahun 1930an. Dia hapal betul tahunnya, karena saat itu Franklin Roosevelt masih menjabat presiden. Walaupun sangat ingin melanjutkan sekolah kala itu, namun pada usia 17 tahun, Colagiovanni terpaksa berhenti untuk bekerja membantu di toko daging ayahnya.

"Dia melakukan keinginan ayahnya, walaupun dia ingin sekali lulus. Dia lebih mementingkan ayah dan keluarganya ketimbang diri sendiri," kata Emilia Colagiovanni Vinci, salah satu dari dua putri nenek berkursi roda tersebut.

Ijazah yang dikeluarkan SMA Shaker tertanggal Juni 1934, perkiraan hari kelulusan Colagiovanni. Vinci mengatakan bahwa menerima ijazah SMA adalah impian terbesar ibunya.  "Ketika saya beritahu bahwa dia akan terima ijazah, dia menangis terharu, seakan bebannya telah terangkat," kata Vinci.

Mengenakan toga putih lengkap dengan topi kelulusan, Colagiovanni tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Dia sumringah, mengatakan bahwa ayahnya pasti akan sangat bangga melihatnya bertoga dan lulus SMA.

"Namaku ada di sini. Dia pasti akan sangat senang mengetahui saya akhirnya lulus," kata nenek ini terisak.

Penyerahan ijazah dilakukan di dalam sebuah ruang kelas, selang satu hari sebelum wisuda sebenarnya digelar. Walaupun Colagiovanni tidak turut sebagai peserta wisuda yang asli, namun dia mengaku cukup bangga akan melihat cucunya, Thomas Vinci, yang juga lulus pada hari itu.

Bagikan

Jangan lewatkan

Menerima Makloon Jahit Toga [Bagian 2]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.