Konveksi Tas Wanita di Bandung

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Juga Melakukan Promosi Melalui Media Online dan BB [Bagian 3]


Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Juga Melakukan Promosi Melalui Media Online dan BB - Melalui konveksi tersebut, mereka membuat pakaian muslim dengan label Kazoku, kosakata bahasa Jepang yang memiliki arti keluarga. Penjualan masih dilakukan dari mulut ke mulut. Setelah itu baru merambah media sosial, seperti layanan BlackBerry Messenger, Facebook, dan Twitter.

Kini, Endah bisa menjual 100 kodi ciput setiap pekan. Ciput itu dijual ke reseller atau pelanggan langsung yang jumlahnya sudah ribuan orang dan tersebar di sejumlah daerah, termasuk Jakarta, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Satu kodi ciput Kazoku dibanderol Rp 400.000. Adapun harga pakaian beragam, mulai puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.  Sebagian orang mengatakan bahwa ciput yang dijual Endah memiliki harga yang terlalu mahal, namun sebagian lagi berpedapat bahwa harga tersebut sebanding dengan kualitas yang dimiliki oleh ciput tersebut. Endah mengakui bahwa di antara seluruh produk yang dijualnya, ciput buatannya adalah yang paling laku. Bahan yang digunakan oleh ciputnya pun bukan bahan sembarangan, ciputnya menggunakan bahan sutra spandex yang memang mahal.

Jika ciput bisa terjual sampai 100 kodi per pekan, pakaian muslim jumlahnya hanya puluhan kodi per pekan. Kerudung, scarf, aksesori, dan pasmina pun jumlahnya masih di bawah jumlah penjualan ciput.

Endah bercerita, meski sudah dikenali pasar, Kazoku belum memiliki outlet resmi. Endah dan keluarga hanya memasarkan secara online. Atau pelanggan yang berminat biasanya langsung datang ke rumahnya di Jalan M Toha, Gang Subur 15, Bandung.

Selanjutnya

Artikel Terkait