Konveksi Tas Wanita di Bandung

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Ditantang Mengubah Sarung Menjadi Busana Urban [Bagian 1]



Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Ditantang Mengubah Sarung Menjadi Busana Urban - Menjelang diadakannya Indonesia Fashion Week 2013, diadakan sebuah lomba untuk para desainer, yaitu dengan mengolah sarung tenun Toraja menjadi busana urban yang modern dan juga menarik.

Indonesia Fashion Week (IFW) 2013 akan digelar pada tanggal 14 sampai dengan 17 Februari 2013 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). Menyambut pekan mode Indonesia tersebut, digelar acara Road to Indonesia Fashion Week 2013. Salah satunya adalah talkshow, workshop sarung, dan lomba olah sarung Tenun Toraja yang tergabung dalam acara pameran tenun Untannun Kameloan (Weaving Compassion) di Museum Tekstil, Jakarta, mulai 19 September sampai dengan 14 Oktober 2012.

Lomba Olah Sarung Tenun Toraja ditujukan untuk para siswa sekolah secara gratis pada 21 September lalu. Sekolah yang berpartisipasi adalah Institut Kesenian Jakarta, Instituto Moda Burgo, ISWI, Susan Budhiardjo, ITB, SMK Cakra Nusantara, STISI Telkom, UNINDRA, UNJ, UNPAR, dan UNS Solo.  Lomba mengambil tema Inspiring Indonesia – Membawa Tenun Toraja dalam Keseharian. Para siswa sekolah ditantang untuk mengolah sarung menjadi busana urban, unik, dan mudah diaplikasikan.

Direktur Indonesia Fashion Week 2013, Dina Midiani mengatakan, IFW 2013 memiliki tekad untuk membawa sarung ke dunia fashion kelas dunia.

“Diharapkan para siswa akan menyumbang ide-ide segar untuk sarung dengan karyanya, sehingga sarung dapat menjadi fashion item yang mudah diterima oleh masyarakat global,” kata Dina Midiani, dalam siaran pers yang diterima Investor Daily, Jumat (28/9).

Selanjutnya

Artikel Terkait