Konveksi Tas Wanita di Bandung

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Bercerita Saat Ketika Batik Merasuk di Industri Mode Amerika [Bagian 2]

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Bercerita Saat Ketika Batik Merasuk di Industri Mode Amerika - Desainer Belgia Dries Van Noten, yang menggunakan motif batik untuk koleksi Spring/Summer 2010 yang dipamerkannya di Paris Fashion Week. Jika Anda mengamati foto-foto busana koleksinya, tampak sekali bahwa perancang yang dikenal dengan gaya print-nya ini memanfaatkan beberapa motif kain Indonesia.

Selain batik, ia juga menggunakan tenun ikat dan tenun songket. Ia menggunakan motif-motif tersebut untuk dicetak di atas bahan katun maupun satin. Van Noten juga mempadupadankan motif satu dengan yang lainnya dengan gaya yang playful.

Sementara itu, perancang Amerika Nicole Miller mengeluarkan Resort Collection 2009 yang jelas sekali tampak menggunakan motif batik mega mendung. Ia mengambil tema "Bali", karena ia mengaku menerima oleh-oleh kain motif print dari asistennya yang habis melakukan perjalanan ke Bali.

Kesan Bali sendiri hanya muncul pada motif catur yang biasa dipakai pria-pria Bali. Batik mega mendung itu dipadupadankannya dengan motif garis dan motif catur bali, dan muncul dalam bentuk dress, kaftan, tunik, topi, atau sekadar menjadi aksen.

"Maka, mengutip kata-kata Bapak Dino Patti Djalal, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, inilah waktu tepat bagi warisan Indonesia dalam memenuhi desain kontemporer Amerika Serikat," papar pengamat fashion Petty Fatimah, saat diskusi mengenai "Pengaruh Batik pada Industri Fashion Amerika" di @america, Pacific Place, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Petty, di luar upaya para desainer papan atas untuk menggunakan kain etnik bermotif batik tersebut, beberapa selebriti Hollywood juga punya andil yang cukup besar dalam mempopulerkan batik print. Banyak dari mereka yang memang sempat terlihat mengenakan busana dengan motif batik. Di antaranya Lenka, Adele, dan Adam Clayton (basis U2, yang memakainya saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat), juga Paris Hilton, Jessica Alba, Rachel Bilson, Reese Witherspoon, dan Nicole Richie.

Selanjutnya

Artikel Terkait