Konveksi Tas Wanita di Bandung

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Bercerita Saat Ketika Batik Merasuk di Industri Mode Amerika [Bagian 3]

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir Bercerita Saat Ketika Batik Merasuk di Industri Mode Amerika - Menurut Petty, di luar upaya para desainer papan atas untuk menggunakan kain etnik bermotif batik tersebut, beberapa selebriti Hollywood juga punya andil yang cukup besar dalam mempopulerkan batik print. Banyak dari mereka yang memang sempat terlihat mengenakan busana dengan motif batik. Di antaranya Lenka, Adele, dan Adam Clayton (basis U2, yang memakainya saat tampil di Somerville Theatre, Boston, Massachussets, Amerika Serikat), juga Paris Hilton, Jessica Alba, Rachel Bilson, Reese Witherspoon, dan Nicole Richie.

"Provokasi media memang luar biasa. Ketika selebriti terlihat memakai batik, hal itu bikin orang jadi ikut tertarik dengan batik," ujar Petty.

Foto-foto para selebriti mengenakan busana bermotif batik menjadi bukti lain bahwa batik sudah merasuk di dunia internasional. Bahkan produk budaya Indonesia lain seperti kain tenun pun mulai mencuri perhatian. Di pentas mode dunia seperti New York Fashion Week atau Milan Fashion Week, kata "tenun" sudah disebut sebagai "ikat", membuktikan bahwa kata ini sudah diakui sebagai bahasa internasional.

Meskipun umumnya para perancang tersebut belum memahami teknik pembuatan batik yang sebenarnya, atau bahwa motif batik yang mereka gunakan merupakan motif batik Indonesia, sebaiknya kita mensyukurinya saja. Para perancang pasti akan membutuhkan waktu untuk mengenali dan memahami asal-muasal motif batik yang mereka pakai. Apalagi, motif print seperti batik atau ikat memang tidak hanya berasal dari Indonesia. Afrika juga memiliki batik dan ikat, salah satunya seperti yang kerap dikenakan oleh Nelson Mandela.

Selanjutnya

Artikel Terkait