Konveksi Tas Wanita di Bandung

G9 Rookie Rock Berbicara Mengenai Wabah Busana Terbaru [Bagian 3]

G9 Rookie Rock Berbicara Mengenai Wabah Busana Terbaru - Mengulas model celana panjang, tak lepas dari kiblat mode dunia, Paris. Dari dulu kiblat model busana kita banyak mengikuti Paris lalu ditiru oleh industri pakaian di Jakarta dan Bandung. Akhirnya, merambah juga Makassar sekitarnya.

Meski lahirnya celana panjang itu sendiri diperkirakan abad XVI yang berasal dari Iran, Persia, dan China, namun cerita  popularitas celana panjang dimulai pada tahun 1970-an. Tahun 1970-an, mulai marak model celana cutbray. Orang juga menyebut celana ini sebagai celana penyapu lantai karena modelnya dari lutut melebar ke bawah.

Celana Cutbray kala itu, dikenal pula dengan celana A Rafiq, artis dangdut senior Indonesia.  Penyanyi dangdut itu sering memakai celana model Cutbray dalam tiap shownya jadi dikenal juga dengan sebutan celana A Rafiq. Pasca model Cutbray ini booming, kemudian berganti dengan model Aladdin di era tahun 1980-an. Model Aladdin adalah sebutan untuk celana dengan pola pinggang yang lebar hingga gombrang ke batas paha. Dari lutut hingga ke mata kaki, berbentuk lurus.  Celana model Aladdin sebenarnya kembali muncul sekarang ini. Hanya, tidak terlalu tren seperti model celana botol atau Skinny.

Tahun 1990-an, kembali populer celana model pipa atau lurus ke bawah. Model ini dikenal juga dengan model klasik yang bentuknya resmi. Umum dikenakan oleh pegawai kantoran dan berbagai acara formal lainnya. Kalau model klasik ini selalu bertahan meski banyak model celana yang sedang tren. Itu karena model klasik ini bersifat formal.

Selanjutnya

Artikel Terkait