Saturday, September 22, 2012

Memanfaatkan Busana Muslim Bandung, dengan Melakukan Makloon Jahit, Bordir dan Sablon, demi Mempertahankan Nilai Etnik yang Dimiliki oleh Songket [Bagian 1]



Memanfaatkan Busana Muslim Bandung, dengan Melakukan Makloon Jahit, Bordir dan Sablon, demi Mempertahankan Nilai Etnik yang Dimiliki oleh Songket - Busana Muslim Bandung sebagai pihak yang banyak menerima pesana jasa jahit, sering menerima pesanan untuk menjahitkan busana yang terbuat dari kain kain etnik termasuk kain batik ataupun kain songket. Pesanan tersebut bias merupakan busana yang 100 perseb dibuat melalui bahan etnik tersebut, ataupun busana yang dibuat dengan menggunakan perpaduan dengan bahan lainnya.

Namun kabar mengejutkan datang dari negeri seberang Malaysia yang berendana untuk menjadikan songket dengan motif telepuk sebagai busana resmi asal Selangor, Malaysia.

Utusan Negara Bagian Selangor, Malaysia yang berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, menyampaikan keinginan mereka untuk menjadikan produk kain songket motif telepuk sebagai busana resmi negeri asal mereka itu.

Pengurus Peribadatan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor, Shafie Abubakar di Palembang, mengatakan bahwa sesungguhnya mereka sudah enam tahun meneliti asal motif kain songket telepuk dan hiasan kelingkan, dan ternyata memang keduanya bersal dan asli dari Palembang.

"Kami sudah cukup lama meneliti termasuk berkunjung ke sejumlah daerah di Riau, ternyata songket motif telepuk dan kelingkan asli dari Kota Palembang," kata Shafie.

Sebagai langkah awal proses pengakuan ini, mereka akan melakukan pendekatan kepada pemilik asli motif itu yaitu perajin Palembang melalui pemerintah kota setempat. Diharapkan bisa segera dilakukan kesepakatan bersama antara Selangor dengan Pemerintah Kota Palembang, agar kain bermotif telepuk dan berhias kelingkan diperbolehkan menjadi busana resmi negeri jiran itu. Setelah diizinkan, Selangor akan membuat duplikat motif tersebut untuk dikenakan sebagai pakaian resmi Negeri Selangor.

Selanjutnya

Bagikan

Jangan lewatkan

Memanfaatkan Busana Muslim Bandung, dengan Melakukan Makloon Jahit, Bordir dan Sablon, demi Mempertahankan Nilai Etnik yang Dimiliki oleh Songket [Bagian 1]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.