Konveksi Tas Wanita di Bandung

Jasa Jahit, Sablon dan Bordir turut membudidayakan kain etnik tanah air [Bagian 1]



Jasa Jahit, Sablon dan Bordir turut membudidayakan kain etnik tanah air - Busana Muslim Bandung kini sedang melakukan pesanan makloon jasa jahit, sablon dan bordir dari salah satu perusahaan fesyen yang bergerak dan menjual produk-produk dengan melakukan modifikasi dari bahan kain etnik. Tidak hanya untuk membuat produk menjadi laku di pasar asing, memanfaatkan bahan etnik ternyata juga turut memajukan masyarakat pengrajin kain etnik.

Perjuangan dalam mempopulerkan dan mempertahankan nilai-nilai kain etnik tidka hanya dilakukan oleh busana muslim bandung sebagai pengusaha jasa jahit, sablon dan bordir namun juga dilakukan oleh Hendar Rogesta.

Hendar Rogesta menularkan pengetahuan menenun kepada masyarakat miskin di sekitar tempat tinggalnya di Garut, Jawa Barat. Pelatihan itu sampai ke tahap menyusun corak dan warna kain tenun berdasarkan desain yang ada. Kini mereka sudah mahir menenun dan dapat penghasilan.

Terdorong keinginan untuk melestarikan tenun sutra khas Garut, Hendar Rogesta tergerak untuk menularkan keterampilan menenun kepada masyarakat miskin yang tinggal di daerah sekitarnya di Kampung Panuwuan Sukajaya, Garut, Jawa Barat.

Sejak tahun lalu, ia memberdayakan sebanyak 20 orang warga sekitar untuk belajar menenun. "Sebagian besar dari mereka adalah ibu-ibu rumah tangga yang tidak punya penghasilan," kata Hendar.

Awalnya, pelatihan ini hanya diberikan kepada beberapa orang saja. Tapi, karena peminatnya banyak, jumlah pesertanya pun terus bertambah. Ke depan, ia ingin memberdayakan lebih banyak lagi warga di daerah sekitarnya.

Selanjutnya

Artikel Terkait